2 Jenis Touchscreen Yang Perlu Anda Ketahui!

Jenis Layar Sentuh-Pernahkah Anda menggunakan layar sentuh yang sepertinya tidak ingin mengenali sentuhan Anda kecuali jika Anda menggunakan jari telanjang? Tapi kemudian Touchscreen lain sepertinya berfungsi baik dengan tangan bersarung atau stylus? Itu karena layar sentuh tidak semuanya sama – jauh dari itu. Sebenarnya ada beberapa jenis Touchscreen, masing-masing dengan sifat dan keterbatasannya sendiri. Berikut adalah dua jenis yang paling umum:

Jenis Touchscreen Resistive

Layar sentuh resistif adalah jenis layar sentuh paling dasar. Jenis layar terdiri dari dua lembar plastik fleksibel, dengan celah di antara mereka. Ketika Anda menekan lembar atas, ia bersentuhan dengan lembaran bawah, menyelesaikan rangkaian listrik. Layar peka terhadap tekanan; itu bergantung pada tekanan yang Anda tempatkan di layar. Jika Anda menggeser jari Anda di layar tanpa tekanan, sentuhan tidak akan didaftarkan. (Namun, itu lebih sulit dilakukan daripada yang Anda pikirkan; sebagian besar layar sentuh resistif sangat peka.)

Hal yang menyenangkan tentang layar sentuh resistif adalah tidak peduli apa yang menyebabkan tekanan. Anda dapat menggunakan stylus, jari bersarung, sumpit: apa saja dengan ujung tumpul (jadi Anda tidak merobek layar dengan ujung runcing). Jenis layar ini biasanya digunakan di tempat-tempat seperti ATM dan kios mal.

Touchscreen Capacitive

Layar sentuh kapasitif adalah jenis layar sentuh utama lainnya. Layar semacam ini tidak bekerja dengan merasakan tekanan; sebagai gantinya, ia bekerja dengan menggunakan sifat listrik dari tubuh manusia untuk mengubah medan elektrostatik pada layar. Itu berarti Anda tidak dapat menggunakan tangan bersarung tangan atau benda seperti penghapus pensil sebagai stylus. Namun, Anda dapat membeli stylus khusus yang berisi bahan konduktif yang membuatnya bekerja pada layar kapasitif.

Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa stylus layar sentuh jauh lebih mahal daripada yang Anda harapkan dari sebuah silinder pena tanpa tinta, itu karena itu harus mengandung bahan khusus yang membuat layar berpikir bahwa itu adalah jari manusia. Jenis layar ini lebih tahan lama karena permukaan atasnya adalah kaca; sebagian besar perangkat seluler yang peka terhadap sentuhan menggunakan layar jenis ini. Itulah 2 jenis touchscreen yang perlu Anda ketahui. Untuk informasi artikel lainya silahkan kunjungi website kami Klik Disini. Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top