Sistem Informasi vs. Teknologi Informasi: Perbedaan & Contoh

Istilah sistem informasi dan teknologi informasi sering digunakan secara bergantian tetapi dalam kenyataannya, ini berbeda. Dalam pelajaran ini, kita akan memahami perbedaan mendasar mereka dan bagaimana sumber daya ini digunakan secara berbeda oleh bisnis kecil dan besar.

Memahami Sistem dan Perangkat

Perusahaan Anda mengeluarkan laptop untuk digunakan di tempat kerja. Ketika Anda sedang bekerja, Anda terhubung ke jaringan perusahaan dan Anda memiliki akses ke printer dan server perusahaan. Jika ada yang salah dengan laptop Anda, hubungi meja bantuan perusahaan dan mereka mengirim teknisi untuk membantu. Dengan semua sumber daya dan lampiran ini, saat Anda sedang bekerja, laptop Anda adalah bagian dari sistem informasi.

Pada akhirnya, Anda mematikan laptop dan pulang ke rumah. Laptop tidak lagi menjadi bagian dari sistem informasi karena tidak terhubung ke perangkat lain. itu hanya perangkat dengan kemampuan koneksi jaringan dan sekarang menjadi bagian dari teknologi informasi (TI). Jadi laptop adalah perangkat teknologi informasi tetapi juga dapat menjadi bagian dari sistem informasi. Ini berarti bahwa suatu perangkat dapat menjadi bagian dari suatu sistem.

Ketika orang-orang mendengar kata sistem hari ini, beberapa orang langsung menyimpulkan bahwa itu berarti mesin atau komputer. Tetapi sistem informasi telah ada jauh lebih lama daripada komputer.

Hari-Hari Awal Sistem Informasi

Sistem informasi adalah seperangkat alat terkoordinasi yang digunakan untuk menyimpan dan memproses informasi. Jadi, secara teori sistem informasi dapat sesederhana kertas dan pensil. Perpustakaan adalah sistem informasi, sehingga sistem informasi telah ada selama ratusan tahun. Sistem informasi telah berkembang pesat sejak munculnya teknologi komputer, dari catatan manual ke catatan sistem, informasi tersedia di ujung jari kita melalui koneksi Internet. Touch screen

Dengan perkembangan komputer, sistem informasi mencakup orang (programmer, teknisi, analis), mesin, dan proses. Jadi teknologi informasi adalah bagian dari keseluruhan sistem. Sama seperti catatan manual adalah sumber daya untuk pengambilan keputusan bisnis di masa lalu, sistem informasi adalah sumber daya saat ini.

Contoh Teknologi Informasi

Jadi jika laptop adalah teknologi informasi, apa lagi yang memenuhi syarat sebagai TI? Pada dasarnya perlengkapan TI dapat berupa perangkat keras atau perangkat lunak apa pun karena kami mengacu pada bagian teknologi dari sistem informasi. Semua perangkat seperti server, printer, router, dan bahkan ponsel cerdas Anda memenuhi syarat sebagai teknologi informasi jika mereka dapat terhubung ke jaringan dan menjadi bagian dari suatu sistem.

Sisi sebaliknya adalah perangkat mana yang tidak dianggap sebagai perangkat TI? Dulu garis demarkasi yang lebih jelas; jika perangkat tidak dapat menjadi bagian dari jaringan atau melampirkan ke Internet, itu tidak dianggap sebagai teknologi informasi. Mesin fotokopi mandiri dan peralatan audiovisual muncul di benak saya. Tetapi prosesor dan konektivitas tertanam dalam begitu banyak perangkat sehingga sulit untuk menarik garis tegas. Misalnya, pikirkan tentang kulkas cerdas baru dengan layar komputer panel sentuh yang tertanam di pintu – alat pintar!

Teknologi informasi juga dapat merujuk pada kegiatan yang terkait dengan sistem berbasis komputer, seperti studi, desain, implementasi atau dukungan sistem ini. Teknisi komputer dalam sebuah bisnis sering disebut sebagai “IT guy” dan istilah ini telah digunakan dalam budaya populer, dengan meme internet dan menyebutkan di TV dan film.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top