Teknologi Touchscreen : Konsep dan definisinya!

Teknologi Touchscreen-Teknologi Touchscreen memungkinkan untuk berinteraksi dengan sistem komputer menggunakan sentuhan langsung layar elektronik alih-alih menggunakan keyboard dan mouse tradisional. Pelajari lebih lanjut tentang teknologi layar sentuh dalam pelajaran ini.

Apa itu Teknologi Touchscreen?

Perangkat input tradisional untuk sistem komputer termasuk keyboard dan mouse. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi Touch screen telah banyak digunakan sebagai cara untuk berinteraksi dengan sistem komputer, khususnya untuk perangkat seluler.

Layar sentuh adalah tampilan visual elektronik yang dapat dikontrol pengguna dengan menyentuh layar dengan satu jari atau lebih. Layar sentuh memungkinkan interaksi yang lebih langsung dengan apa yang ditampilkan dibandingkan dengan perangkat seperti mouse. Layar sentuh telah menjadi sangat umum pada komputer tablet, ponsel pintar, dan perangkat seluler lainnya. Semakin lama, laptop dan komputer desktop biasa menggunakan layar sentuh sehingga pengguna dapat menggunakan sentuhan maupun cara input yang lebih tradisional.

Teknologi Di Baliknya

Gagasan menggunakan layar sentuh kembali ke hari-hari awal komputasi pada 1960-an. Sebagian besar sistem tetap sangat eksperimental hingga 1990-an, ketika sejumlah sistem komersial menjadi sukses.

Teknologi Touchscreen besar pertama yang menjadi sukses adalah teknologi layar sentuh resistif. Ini menggunakan panel yang terdiri dari beberapa lapisan, termasuk dua lapisan tipis bermuatan listrik yang dipisahkan oleh ruang tipis. Dengan menekan pada panel, dua lapisan ini menyentuh dan lokasi koneksi dicatat sebagai input. Layar sentuh resistif relatif murah dan sangat tahan terhadap cairan. Kelemahan utama adalah bahwa Anda harus benar-benar menekan dengan jumlah tekanan tertentu dan mereka memiliki kontras yang relatif buruk. Akibatnya, layar sentuh resistif tidak menjadi banyak digunakan untuk sistem komputer tetapi malah dikembangkan sebagai bagian dari sistem elektronik lainnya. Misalnya, layar tampilan yang digunakan di restoran untuk memasukkan pesanan dan panel kontrol di pabrik sering kali terbuat dari layar sentuh resistif.

TeknologiĀ  Touchscreen besar kedua yang digunakan dalam layar sentuh adalah penginderaan kapasitif. Layar sentuh kapasitif menggunakan lapisan bahan isolasi, seperti kaca, dilapisi dengan konduktor transparan. Tubuh manusia juga merupakan konduktor listrik, jadi menyentuh layar dengan jari Anda menghasilkan perubahan dalam bidang elektrostatik layar. Sejumlah pendekatan berbeda dapat digunakan untuk merekam lokasi sentuhan. Salah satu cara yang paling umum adalah dengan menggunakan kisi-kisi kapasitor yang bagus, yang merekam perubahan dalam bidang elektrostatik. Kapasitor ini diatur oleh baris dan kolom, dan mereka berfungsi secara independen satu sama lain. Hal ini memungkinkan untuk merekam beberapa sentuhan sekaligus, yang dikenal sebagai teknologi multi-sentuh.

Gerakan Multi-Sentuh

Pada tingkat dasar, teknologi layar sentuh bekerja mirip dengan mouse komputer. Alih-alih menggerakkan pointer Anda dengan mouse dan kemudian mengklik lokasi, Anda menekan lokasi dengan jari Anda. Namun, teknologi multi-sentuh memungkinkan untuk berinteraksi dengan tampilan komputer dengan berbagai cara. Tugas seperti menggulir ke atas dan ke bawah halaman web, memilih teks dan drag-and-drop menjadi sangat berbeda menggunakan teknologi layar sentuh. Gambar ini menunjukkan sejumlah gerakan tunggal dan multi-sentuh yang paling umum.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top